Halalkah Investasi Saham? Simak Penjelasan Berikut ini

Keunggulan Investasi Saham, 5 Keunggulan Investasi Saham yang Wajib Kamu Ketahui


Halalkah Investasi Saham?

Dalam hal ini dapat diketahui bahwa saham ada yang syariah dan ada yang tidak. Tidak semua saham halal untuk diperjual belikan. Saham syariah harus mempunyai kriteria tertentu. Apabila saham tersebut telah mempunyai kriteria dalam ketentuan syariah, maka saham tersebut  masuk dalam kategori efek saham syariah. Dan apabila saham tidak memenuhi beberapa kriteria syariah, maka saham tersebut tidak masuk dalam efek syariah.

Apakah keunggulan dari investasi saham?


Keunggulan dari investasi saham yaitu :

Modal investasi saham relatif kecil

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa investasi modalnya harus besar, namun pada kenyataannya, investasi saham tidak harus mempunyai modal besar, dikarenakan investasi saham tidak selalu memerlukan modal yang besar. Investasi saham ini dapat dijangkau oleh masyarakat menengah, karena harga setiap lot saham tentunya terjangkau. Hanya bermodalkan 100 ribu saja, bisa untuk membeli beberapa lot saham.

Transaksi saham cukup mudah

Transaksi saham tentunya cukup mudah dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kini tersedia aplikasi yang digunakan untuk transaksi saham menggunakan android. Investor dapat dengan mudah transaksi saham sesuai dengan jam bursa yang telah ditetapkan.

Saham dapat menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan

Investasi saham tentunya sangat menguntungkan. Tidak hanya untuk keuntungan jangka panjang tetapi juga dapat menguntungkan untuk investasi jangka pendek atau yang sering disebut dengan trading saham.

Investasi saham tergolong aman

Investasi saham tergolong aman karena investasi dalam pasar modal ini , berada dibawah naungan otoritas jasa keuangan (OJK) dan merupakan Investasi saham yang sah secara hukum.

Investasi saham bersifat Transparan dan liquid

Investasi saham ini bersifat transparan, karena laporan keuangan perusahaan-perusahaan yang tercatat dalam bursa efek dapat diakses baik investor maupun masyarakat umum. Sehingga investor dapat menganalisis seberapa besar prospek perusahaan tersebut dimasa yang akan datang. Selain itu, investor juga dapat melihat harga permintaan dan penawaran saham serta investor juga dapat mengetahui  jumlah lot yang diminta maupun ditawarkan.

Investasi saham ini juga bersifat liquid, artinya dapat dengan mudah dijual dan dicairkan. Apabila berada pada keadaan yang mendesak, dan memerlukan uang, maka saham dapat dijual dengan mudah.

Menurut para ulama, saham dalam perekonomian syariah dipandang sebagai turunan dari musyarakah. Musyarakah adalah kerja sama dalam mengumpulkan modal antara dua orang atau lebih untuk menjalankan sebuah bisnis dan mendapatkan keuntungan.

Maka dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa investasi saham hukumnya adalah halal.

Ayo Belajar Investasi!
Next Post Previous Post