Alasan Mengapa Kita Harus Investasi Mulai dari Sekarang

Alasan Mengapa Kita Harus Investasi, Alasan Mengapa Kita Harus Investasi Mulai dari Sekarang


Kehidupan masyarakat yang semakin berkembang yang dibarengi dengan kebutuhan yang sangat banyak membuat masyarakat harus cermat menyimpan uang atau modalnya untuk kebutuhan dimasa mendatang yang tidak terduga.

Salah satu cara yaitu berinvestasi. Investasi sudah merambat ke semua lapisan masyarakat tidak terkecuali masyarakat biasa yang tidak banyak paham investasi.

Mereka terkadang tergiur dengan investasi yang ditawarkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dengan keuntungan yang besar tapi modal yang sedikit. Bahkan seseorang sering tidak menyadari dirinya telah melakukan investasi, misalnya dengan menabung, membeli emas dan sebagainya.

Apa itu Investasi?

Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan dan merupakan salah satu cara dalam mengembangkan jumlah uang atau harta yang Anda miliki saat ini.

Sederhananya, Anda bermaksud untuk memperoleh dana lebih dari keuntungan di masa depan untuk mencapai tujuan tertentu. Sebut saja tujuan Anda adalah ingin membangun rumah, menyekolahkan anggota keluarga, atau membuka usaha. 


Investasi merupakan komitmen pengelolaan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan memperoleh sejumlah keuntungan di masa mendatang. Investasi mempelajari bagaimana mengelola kesejahteraan pemodal (investor’s wealth). Esensi alamiah investasi :
  • Mengurangi konsumsi saat ini 
  • Perencanaan konsumsi mendatang



Berapa Besar yang Harus diinvestasikan?

Sebelum menjawab jumlah yang ideal untuk ditabung dan diinvestasikan, sebaiknya Anda menjawab 3 pertanyaan di bawah ini terlebih dahulu.
1. Berapa pendapatan pasif yang diinginkan
Investasi yang dilakukan berpotensi untuk memberikan penghasilan pasif kepada Anda secara teratur.Tentukan berapa nilai penghasilan pasif yang diinginkan dari investasi yang Anda lakukan secara teratur.
2. Ketahui profil risiko 
Profil risiko terdiri dari 3 yaitu konservatif, moderat, atau agresif dan hal ini tentu saja berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.
3. Berapa lama jangka waktu investasi
Jangka waktu investasi akan sangat menentukan jenis instrumen investasi yang mampu memberikan tingkat imbal hasil yang optimal. Jika bertujuan untuk berinvestasi dalam rentang waktu 10 – 15 tahun, maka saham bisa menjadi pilihan investasi yang mampu memberikan hasil optimal dalam rentang waktu tersebut.

Manfaat Investasi

  1. Proteksi terhadap gejolak inflasi (melindungi kekayaan/aset)
  2. Peningkatan nilai kekayaan/aset di masa yang akan datang
  3. Mengantisipasi ketidakpastian pendapatan di masa yang akan datang

Ayo Belajar Investasi!
Next Post Previous Post