NGOPI: Menumbuhkan Kesadaran Berinventasi Syariah di Pasar Modal pada Era Milenial


KSPM IAIN Kudus mengadakan acara NGOPI (Ngobrol Seputar Investasi) pada hari kamis, 10 Juni 2021. Pada ngobrol santai tersebut mengangkat tema "Menumbuhkan Kesadaran Berinventasi Syariah di Pasar Modal pada Era Milenial." Diskusi yang berlangsung secara virtual ini menghadirkan narasumber dari BEI (Bursa Efek Indonesia)

Koordinator Departemen Edukasi, Munawwarotul Mukarromah, mengatakan bahwa acara NGOPI sebenarnya sudah dilakukan rutin oleh KSPM IAIN Kudus. Sebelum pandemi, acara tersebut diadakan di Galeri Investasi Syariah IAIN Kudus dan dilakukan pada sore hari ketika mahasiswa sudah selesai jam kuliah, sekitar pukul 16.00.

Ngopi KSPM IAIN Kudus, Seminar Pasar Modal

Trainer KP BEI Jateng 1, Akhmad Nuranyanto, menekankan pentingnya berinvestasi syariah. Lingkup syariah tidak hanya pada objek yang akan ditransaksikan, tetapi juga orang yang akan bertransaksi. Selain itu, penting bagi kita yang mau terjun ke dunia pasar modal untuk tidak hanya ikut-ikutan teman. Tetapi, juga harus mengecek kembali.

Berikut adalah kesimpulan yang bisa diambil pada acara NGOPI tersebut:
  1. Investasi syariah adalah kegiatan ber investasi yang tidak melanggar aturan aturan syariat, mulai dari barang yang di transaksi kan, sistem transaksi nya, dan orang yang bertransaksi.
  2. Salah satu aset investasi adalah saham, saham dalam syariah adalah saham saham yang terdaftar pada JII dan ISSI, dimana saham tersebut sudah diuji beban hutang dan profit halal nya.
  3. Tips untuk pemula yang ingin berinvestasi jangka panjang pada saham syariah adalah dengan membeli saham yang terdaftar pada JII30, karna saham saham ini adalah saham saham syariah perusahaan terbaik yang kompeten atas kegiatan usaha nya. Jika ingin jangka pendek, bisa di analisis atau dilihat terlebih dahulu pada Annual report nya.
Ayo Belajar Investasi!
Next Post Previous Post