Istilah Dasar yang Perlu diketahui dalam Pasar Modal

Istilah dalam Pasar Modal

Sebagai seorang pemula yang ingin mempelajari pasar modal atau investasi, sebaiknya kita perlu untuk mempelajari beberapa istilah dasar  untuk mempermudah kita dalam mempelajari nya. Diantaranya adalah: 

1. RDN (Rekening Dana Nasabah)

Rekening Dana Nasabah atau yang sering disebut RDN adalah sebuah rekening yang dibuka oleh nasabah sebagai perantara dalam perdagangan efek. RDN juga sebagai bentuk pemberian kuasa dari nasabah kepada Bank dalam perjanjian kerjasama dengan KSEI untuk melaksanakan transaksi RDN. RDN merupakan rekening untuk pembayaran transaksi di pasar modal.

2. Bursa Efek Indonesia (Indonesia Stock Exchange)

Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem juga sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka

3. Sekuritas 

Sekuritas merupakan bukti kepemilikan saham di sebuah perusahaan publik. Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, atau kegiatan lain sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal, yang merupakan pihak yang menjadi perantara antara investor dan pasar modal sebagai pelaku transaksi efek. 

4. Indeks

Indeks adalah ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu serta dievaluasi secara berkala. Indeks saham memiliki beberapa manfaat untuk investor. Misalnya, untuk mengetahui gambaran pergerakan harga saham secara keseluruhan melalui IHSG, menjadi acuan kinerja portofolio saham dan dapat digunakan untuk mengukur keuntungan

5. IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan)

Indeks Harga Saham Gabungan atau juga bisa disebut IDX Composite  adalah indeks yang mengukur kinerja harga semua saham yang tercatat di papan utama dan papan pengembangan BEI. Dalam BEI ada banyak emiten yang terdaftar. Biasanya, dalam satu hari setiap saham mempunyai pergerakan yang beragam. Ada yang sedang meningkat, ada yang menurun, ada juga yang stagnan. Apabila seluruh saham tersebut digabung, maka seluruh rata-rata pergerakannya akan tergambar jelas dalam IHSG.

6. Capital Again 

Capital Gain adalah keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan aset, seperti saham, obligasi, dan properti. Keuntungan ini didapat karena adanya perbedaan antara harga jual dan harga beli yang tentunya harga jualnya lebih tinggi dari harga belinya.

7. Capital Loss

Capital Loss adalah kerugian modal yaitu  kerugian yang terjadi ketika aset investasi berkurang nilainya. Ketika menjual instrumen investasi dengan harga yang lebih rendah dari harga belinya. Kerugian itu  terjadi apabila sudah menjual aset investasi. Jika belum terjual atau baru prediksi, hal tersebut belum bisa disebut sebagai kerugian modal.

8. Dividen 

Dividen adalah pembagian keuntungan atau laba kepada para pemegang saham dalam satu periode tertentu berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Artinya, besar dividen tergantung pada besarnya saham masing-masing pemilik.

Nah itu merupakan beberapa istilah dasar dalam pasar modal yang akan sering ditemui, memang baru sebagian kecil dan masih ada banyak lagi istilah dasar dan umum lainnya. Semoga bermanfaat.

Ayo Belajar Investasi!
Next Post Previous Post