Data Ekonomi AS Tidak Sebaik Ekpektasi Pasar, Diprediksi Rupiah Menguat

Data Ekonomi AS Tidak Sebaik Ekpektasi Pasar, Diprediksi Rupiah Menguat
Gambar Uang Dollar dan Rupiah


Sentimen negatif pada pasar Amerika Serikat (AS) memberikan dampak positif terhadap nilai rupiah. Diperkirakan besok, Selasa (6/7/2021) nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan kembali menguat. 
Pada hari Senin (5/7/2021) berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah ditutup menguat 0.39 % atau 56 poin ke level Rp14.476,5 per dolar AS, dimana pergerakannya berada pada rentang Rp 14.472,5 – Rp 14.495. 

Yusuf Rendy Manilet, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia mengungkapkan bahwa sentimen penguatan nilai tukar rupiah hari ini lebih kepada data tenaga kerja AS yang tampak tidak sebaik ekspektasi pasar, yakni dimana data pengangguran mengalami kenaikan dan ekpektasi kenaikan upah tidak jauh lebih tinggi. 

Selain itu, ia juga memproyeksikan pergerakan rupiah akan mixed dengan harga minyak, ia khawatir akan kembali terjadi penurunan harga minyak setelah adanya wacana rencana kenaikan produksi dari OPEC. 
Pasar telah mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 di dalam negeri, sementara itu, disisi lain periode pembukaan SBN ritel juga memberikan peluang terhadap permintaan rupah. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, Yusuf memproyeksikan rupiah akan kembali menguat pada kisaran Rp 14.420 – Rp 14.430 per dolar AS.

Sumber:

Next Post Previous Post