4 Fungsi Pasar Modal Bagi Investor

Pasar Modal, Fungsi Pasar Modal Bagi Investor

Saat ini tren masyarakat dalam berinvestasi semakin meningkat. Apalagi semenjak ada covid-19, membuat banyak masyarakat mencoba peruntungan di dunia pasar modal.

Apa itu Pasar Modal?

Dikutip dari idx.co.id, pasar modal merupakan sarana bertemunya perusahaan yang membutuhkan dana dari masyarakat untuk mengembangkan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain, dengan masyarakat yang hendak menginvestasikan dana mereka.

Apa Saja Fungsi Pasar Modal Bagi Investor?

Setelah mengetahui definisi pasar modal, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi dari pasar modal. Kali ini kita fokuskan fungsinya untuk investor atau masyarakat yang ingin menginvestaikan dana.

Sarana Investasi

Ini adalah fungsi utama dan pertama dari adanya pasar modal. Sebagai sarana untuk mempertemukan masyarakat yang mempunyai dana lebih dengan perusahaan yang membutuhkan dana, tentunya investasi menjadi hal yang dilakukan oleh masyarakat.

Dengan adanya investasi, masyarakat bisa memutarkan uangnya agar tidak menumpuk dan menjadi lebih berguna karena akan dikelola oleh perusahaan. Disisi lain, perusahaan juga akan terbantu dengan adanya dana segar dari masyarakat.

Passive Income

Passive income atau pendapatan pasif merupakan pendapatan yang diperoleh dengan melakukan aktivitas pekerjaan seminim mungkin, bahkan bila perlu tidak bekerja tetapi mendapatkan penghasilan.

Aktivitas di pasar modal bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pendapatan pasif tanpa perlu bekerja keras pada umumnya.

Mendapatkan Keuntungan

Masih berhubungan dengan pendapatan pasif. Upaya untuk memperoleh keuntungan sangat bisa dilakukan di pasar modal.

Kita ambil contoh pada sektor saham yang mempunyai dua sumber untuk mendapatkan keuntungan.
1. Dividin
Merupakan keuntungan yang diperoleh dari pembagian hasil keuntungan perusahaan.
2. Capital gain
Merupakan keuntungan didapatkan dari aktivitas jual beli sebagai akibat dari naik turunnya harga saham.

Mata Pencaharian

Dalam hal ini mungkin terdengar kurang bisa diterima oleh masyarakat pada umumnya. Namun, hal ini sangat mungkin dilakukan oleh orang yang mempunyai modal besar dengan melakukan aktivitas trading.

Karena hal ini sangat beresiko, tidak dianjurkan oleh orang yang baru terjun ke dunia pasar modal.

Ayo Belajar Investasi!
Next Post