Diskusi Internal: Pasar Modal Indonesia


KSPM IAIN Kudus mengadakan diskusi internal pada 12 Juni 2021 dengan tema "Pasar Modal di Indonesia".

Diskusi internal ini diadakan sebagai salah satu cara untuk meningkat kualitas sumber daya manusia pengurus KSPM IAIN Kudus. Agar senantiasa mendapatkan ilmu baru atau menjaga ilmu yang sudah ada di dalam diri.

Kali ini membahas mengenai pasar modal secara umum.

Less goo kita bahasa lagi di artikel ini.

Investasi

Investasi merupakan penempatan sejumlah dana (menunda konsumsi) dengan harapan mendapatkan penghasilan dan/atau peningkatan nilai investasi di masa yg akan datang. Tujuan dari investasi sendiri yaitu untuk memperoleh keuntungan dari aset/dana yang menjadi objek investasi. Adapun jenis investasi, yaitu:
  • Investasi dalam Sektor Keuangan. Dalam sektor ini dilakukan investasi pada aset-aset keuangan seperti saham, obligasi, Reksadana,dll.
  • Investasi dalam Sektor Riil. Dalam sektor ini dilakukan investasi pada aset-aset produktif seperti  tanah, properti, rumah, dll.
Kita perlu melakukan investasi karena adanya pergerakan inflasi yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus  menerus (continue) atau dengan kata lain merupakan proses menurunnya nilai  uang secara terus menerus dan Keuntungan (return) dari investasi dapat meningkatkan jumlah uang yang kita investasikan.

Pasar Modal

Pasar modal adalah tempat untuk Mempertemukan pihak yang membutuhkan dana jangka panjang (perusahaan yg terdaftar) dengan  pihak yang membutuhkan sarana investasi pada produk keuangan seperti saham,  obligasi, reksa dana dan lain-lain (investor). Kita juga dapat berinvestasi di pasar modal karena:
  • Menghindari inflasi yang semakin tinggi tiap tahunnya.
  • Keuntungan yang tinggi.
  • Ikut serta dalam pembangunan perekonomian Indonesia.
  • Terjangkau dan mudah.
Manfaat yang didapat apabila kita melakukan investasi dipasar modal: 
  1. Sumber Pembiayaan, Sebagai salah satu sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi perusahaan dalam mengembangkan usahanya
  2. Wahana Investasi, Sebagai tempat investasi bagi investor yang ingin berinvestasi di aset keuangan
  3. Penyebaran Kepemilikan Perusahaan, Sebagai tempat untuk penyebaran kepemilikan perusahaan kepada masyarakat
  4. Keterbukaan dan Profesionalisme, Salah satu industri yang sangat terbuka dan menjunjung tinggi profesionalisme  sehingga akan mendorong terciptanya iklim usaha yang sehat
  5. Lapangan Kerja, Menciptakan lapangan kerja/profesi bagi masyarakat, baik sebagai pelaku pasar  maupun investor
Adapun produk-produk Investasi yang ada di Pasar Modal, meliputi:
  1. Saham
  2. Reksadana 
  3. Obligasi
  4. ETF

Saham


Saham adalah Bukti kepemilikan suatu  perseroan (perusahaan) yang  merupakan klaim atas  penghasilan dan kekayaan perseroan. Kita sangat bisa mempercayai dana yang kita keluarkan untuk berinvestasi di saham karena:
1. Mudah 
Dikatakan mudah karena Banyak perusahaan  sekuritas dan manajer  Investasi yang dapat  memberi rekomendasi  investasi dan ada online  trading. Sehingga TIDAK memerlukan  pengetahuan yang  mendalam, TIDAK Sulit untuk  melakukan  pemantauan, dan TIDAK perlu  pemahaman yang  kuat atas teknologi.
2. Terjangkau 
Dikatakan terjangkau karena Mulai dari Rp100.000 setiap bulan, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan modal besar agar dapat memiliki sejumlah lot dari saham suatu emiten 
3. Menguntungkan
Dikatakan menguntungkan karena Investasi dapat dilakukan secara berkala  dengan orientasi jangka  panjang, sehingga TIDAK spekulatif atau bukan termasuk judi dan Risiko dapat Dikelola.

Ada 5 cara mudah dalam berinvestasi saham diantaranya:
  1. Buka rekening di Perusahaan  Sekuritas
  2. Sisihkan nominal dana untuk beli  Saham
  3. Tentukan Saham yang ingin dibeli
  4. Setor dana secara rutin ke rekening  Anda
  5. Beli Saham secara rutin setiap  periode

Reksadana


Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari  masyarakat pemodal yang kemudian dana tersebut dikelola oleh Manajer Investasi  dalam portofolio investasi.

Obligasi

Obligasi adalah surat utang jangka menengah sampai jangka panjang. Obligasi juga dapat dipindah tangankan. Isi dari obligasi itu sendiri adalah janji untuk membayar  imbalan berupa bunga pada  periode tertentu dan melunasi  pokok utang pada waktu yang  telah ditentukan kepada pihak  pembeli obligasi tersebut.

ETF




BEI (Bursa Efek Indonesia)



Ayo Belajar Investasi!
Next Post Previous Post